INSTALASI DAN KONFIGURASI DHCP SERVER PADA UBUNTU SERVER 16.04

INSTALASI DAN KONFIGURASI DHCP SERVER PADA UBUNTU SERVER 16.04

DHCP merupakan protokol yang dipakai untuk pengalokasian alamat IP (IP Address) dalam suatu jaringan. Jaringan yang semakin besar/luas/kompleks, membuat seorang Admin Jaringan mempertinbangkan sebuah konfigurasi IP secara dinami pada client- client. Bayangkan saja, jika ada 100 komputer client dalam suatu jaringan, maka berapa banyak waktu yang terbuang untuk mengkonfigurasinya secara manual?
DHCP tidak hanya memberikan layanan pada client yang terkonfigurasi secara dinamis, client yang terkonfigurasi secara static pun mendapat layanan yang sama dan dapat berkomunikasi dengan client yang terkonfigurasi secara dinamis. 
DHCP adalah protokol yang terinstal dan terkonfigurasi pada server, maka server harus dihidupkan supaya client bisa saling berkomunikasi dan mendapatkan layanannya, karena saat server dimatikan, semua client pada satu jaringan tersebut, tidak akan mendapat IP secara dinamis maupun statis, dan kegiatan dalam jaringan akan terganggu.
 
Untuk konfigurasi DHCP pada linux ubuntu server 16.04, digunakan sebuah paket bernama ISC-DHCP-SERVER. 
Penulis telah menyediakan sebuah file latihan ubuntu server yang dapat diimporkan ke virtual box. Untuk yang sudah mempunyai Ubuntu server yang terinstall pada virtual box, tinggal di start, ikuti langkah yang ada pada video berikut :




Video Latihan Instalasi Dan Konfigurasi ISC-DHCP-SERVER pada Ubuntu Server 16.04

Comments